ARTIKEL KULIAH KERJA NYATA TEMATIK PROGRAM STUDI PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BULUKUMBA

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan media bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan teori-teori yang dimilikinya ke dalam sebuah wujud nyata pengabdian kepada masyarakat. KKN juga merupakan bentuk pengimplementasian dari Tri Dharma yang mencakup pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Dalam hal ini KKN yang dilaksanakan oleh Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Bulukumba berupa KKN Tematik yang bersifat edukatif dengan melibatkan mahasiswa dalam kehidupan masyarakat. Hal ini bertujuan agar mahasiswa dapat peka terhadap isu-isu yang terjadi di kalangan masyarakat, sumber daya yang perlu dikembangkan, dan aspirasi yang dimiliki oleh masyarakat.

Dengan adanya KKN Tematik ini, mahasiswa diharapkan dapat mengaktualisasikan diri yang sesuai dengan konteks keilmuan yang telah di dapatkan selama mengikuti bangku perkuliahan dalam bentuk pengabdian dan pendampingan langsung kepada masyarakat, di samping itu juga sebagai usaha pengembangan ilmu yang didapat sebelumnya. Mahasiswa KKN juga diharapkan mampu memiliki keterampilan dalam mengatasi dan menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi di tengah masyarakat sebagai media untuk belajar membangun hubungan yang integral dalam masyarakat, sebagai obyek utama yang akan dihadapi kelak setelah menyelesaikan studi dalam bentuk program kerja yang di implementasikan.

Kegiatan mahasiswa KKN Tematik Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Bulukumba terdiri dari program kerja utama dan program kerja pendukung. Dalam hal ini program kerja utama ini menunjang tema utama dari KKN Tematik untuk mewujudkan program kerja yang terkait dengan keilmuan perencanaan wilayah dan kota dengan tema kegiatan utama mahasiswa KKN Tematik Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Bulukumba adalah “Optimalisasi Pengembangan Potensi Kecamatan Turatea Berdasarkan Perspektif Spasial”.

Berdasarkan uraian tersebut maka program kerja KKN Tematik Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Bulukumba dilakukan di Kecamatan Turatea, Kabupaten Jeneponto yang meliputi 7 desa yaitu Desa Paitana, Desa Bontomatene, Desa Langkura, Desa Parasangang Beru, Desa Bungungloe, Desa Kayuloe Timur, dan Desa Kayuloe Barat dengan bentuk kegiatan yang terbagi atas 2 wilayah yang menjadi fokus dalam pengimplementasian program kerja KKN Tematik ini yaitu program kecamatan dan program desa yang berlangsung selama 45 Hari.

Adapun program kerja KKN Tematik Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Bulukumba yang telah dilaksanakan untuk program kerja di kecamatan yaitu Program Kerja Pemetaan Sebaran Stunting Kecamatan dan Program Kerja Pembaharuan Profil Wilayah Kecamatan serta program kerja yang telah dilaksanakan di wilayah desa yaitu Program Kerja Pembaharuan Profil Desa dan berbagai program kerja pendukung lainnya yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN-Tematik di masing-masing 7 lokasi desa, yang didasari oleh keterampilan mahasiswa dan aspirasi masyarakat dalam menggagas program kerja pendukung yang telah dilaksanakan.

Berdasarkan program kerja KKN Tematik Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Universitas Bulukumba yang telah terlaksana diharapkan dapat memberikan kontribusi di wilayah KKN Tematik Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Bulukumba sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat selama 45 hari dan menjadi kesan yang positif bagi masyarakat di 7 lokasi desa yang ada di Kecamatan Turatea.

0 Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

*

CONTACT US

We're not around right now. But you can send us an email and we'll get back to you, asap.

Sending

©2024 Universitas Muhammadiyah Bulukumba

Log in with your credentials

Forgot your details?